Rabu, 13 Agustus 2014

Perkembangan dan Keunggulan Fakultas Kedokteran UMM

Program studi Pendidikan Dokter pada fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu program studi pendidikan dokter yang ada di Jawa Timur. Pendidikan Dokter yang berada pada Fakultas kedokteran ini dipimpin oleh Dekan dr. Hj. Irma Suswati, M.Kes. Berdasarkan keputusan BAN-PT No.017/BAN-PT/Ak-XV/S1/VI/2012 Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Malang telah memiliki akreditasi B terhitung sejak 29 Juni 2012.
Berikut ini sekilas tentang visi dan misi fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang :
Visi :
Menjadi fakultas terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kedokteran yang berkeunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berbasis pada bidang Kedokteran Umum, Keluarga, Industri berdasarkan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan daya saing bangsa.


Misi :
1)   Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dalam bidang kedokteran dengan kemampuan dasar tambahan dalam bidang kedokteran keluarga dan kedokteran industri berdasarkan nilai-nilai Islam.
2)   Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang amanah untuk meningkatkan daya saing bangsa di dunia internasional.
3)   Menyelenggarakan pembinaan civitas akademika dalam kehidupan yang Islami sehingga mampu beruswah hasanah.
4)   Menyelenggarakan kerjasama untuk meningkatkan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran dan kelembagaan dengan berbagai pihak.
Keunggulan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang :
  • Memiliki laboratorium yang lengkap untuk menunjang pembelajaran
  • Memeliki kurikulum yang bagus
  • Memiliki hubungan mutualisme dengan luar negeri/memiliki link yang baik
Fakultas Kedokteran UMM merupakan FK swasta pertama di kota Malang. Fakultas Kedokteran berdiri pada tahun 2001 dan saat ini memperoleh akreditasi B. Misi FK UMM adalah menjadi fakultas terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kedokteran yang unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis pada bidang kedokteran umum, keluarga, industry, dan nilai-nilai islam untuk meningkatkan daya saing bangsa. Pelaksaan pembelajaran di FK UMM menerapkan paradigm baru Pendidikan Dokter dengan sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan Kekhususan Kedokteran Islami, Kedokteran Keluarga, Kedokteran Industri. Pendidikan di Fakultas ini dirancang secara profesional selama sebelas semester atau setara lima setengah tahun, yang terbagi dalam 2 proses pendidikan, yaitu Pendidikan Sarjana Kedokteran selama tujuh semester dan Pendidikan Profesi selama empat semester.

                Pengembangan fakultas ini juga di dukung hadirnyaRumah Sakit UMM yang sudah di lengkapi berbagai peralatan modern dan canggih. Diantaranya pelayanan operasi singkat untuk ambeien, CT Scan dengan 64-slice, USG 4 dimensi, serta berbagai pelayanan laboratorium. RS UMM merupakan Rumah Sakit terbesar yang dimiliki sebuah universitas. Untuk pengembangan akademik dan kemahasiswaan, fakultas ini juga ditunjang sarana prasarana berupa ruang kelas berbasis multimedia, internet hotspot area, perpustakaan, UMM-Net, UMM medical cente, serta laboratorium pendidikan. Antara lain, biomedik, farmakologi, anatomi, fisiologi, histology, parasitologi, keterampilan klinis,emergency trauma life support (ETLS), audio visual, dan laboratorium klinik. Untuk sistem evaluasi menggunakan Multiple Choice Question – Computer Based Test ( MCQ-CBT) dan Objective Structure Clinical Examination (OSCE).Untuk peningkatan kualitas, mahasiswa FK di wajibkan mengikuti programEnglish for Specific Purpose (ESP), pelatihan Emergency Trauma Life Support (ELTS) dan Clinical Skills Refreshment (CSR) sebelum memasuki program profesi.
                Demi memperkuat kemitraan, FK UMM juga telah bekerjasama dengan beberapa rumah sakit, antara lain RS Kanjuruhan, RSU Haji Surabaya, RS Paru Batu, RS Jiwa Lawang, RS Jiwa Menur Surabaya, RSUD Jombang, RSUD Gambiran Kediri, RSUD Kabupaten Jombang, RS Bhayangkara Porong, serta rumah sakit dan balai pengobatan di lingkungan wilayah Muhammadiyah se Jawa Timur. Kerjasama juga dilakukan dengan Dinas Kesehatan pada beberapa kota di Jawa Timur serta sekolah Muhammadiyah se-Malang Raya. Secara akademik FK UMM telah memperoleh Program Hibah Kompetisi- Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PHK-PKPD) tahun 2010 s/d 2013 dengan dana sebesar 13 Milyar.
                Lulusan dokter FK UMM telah mengikuti UKDI sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan hasil 90% lulus kompetensi dan telah bekerja sebagai pegawai negri atau swasta di rumah sakit, puskesmas, maupun klinik mandiri, selain itu, lulusan FK juga dapat melanjutkan studi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar